MENGENAL 8 JENIS SEPATU FORMAL PRIA

June 13, 2016 1:16 pm

Words by Nur Rosita Dewi

Jenis-Jenis Sepatu Formal Pria

Untuk menghadiri pesta atau acara formal, wanita biasanya menggunakan high heels maupun wedges. Lalu bagaimana dengan pria?

Sebenarnya pria pun memiliki beragam jenis sepatu yang dapat dipakai untuk menghadiri acara formal maupun semi formal. Hanya saja, masih banyak yang belum mengetahui masing-masing jenis, model, bahkan nama sepatu formal pria tersebut. Rata-rata orang hanya mengetahui sepatu kulitlah yang merupakan sepatu formal.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Mister dengan senang hati akan memperkenalkan 8 jenis sepatu formal pria berdasarkan model bentuknya. Dengan mengetahui jenis-jenis sepatu formal pria di bawah ini, Mister jamin kamu bisa mengeksplorasi gaya baru yang berbeda dan keren untuk penampilan formal kamu. Simak!

1. Oxford

Sepatu Formal Pria

Image by velasca

Sepatu Oxford muncul pertama kali di Skotlandia dan Irlandia dan biasanya disebut Barmorals. Sepatu ini kemudian meraih popularitas di Universitas Oxford pada tahun 1800 hingga akhirnya memperoleh sebutan yang sama dengan nama universitas tersebut.

Bentuknya yang sederhana dan permukaannya yang mulus membuat sepatu formal pria dengan model Oxford menjadi sepatu wajib untuk melengkapi penampilan klasik dan resmi. Seiring perkembangan zaman, model sepatu Oxford mengalami banyak variasi desain. Namun ada satu yang tidak pernah lekang dimakan zaman, yaitu sepatu kulit model Oxford berwarna hitam dengan cap toe. Sepatu model ini dinilai sangat sempurna untuk melengkapi gaya formal mulai dari tuxedo untuk pesta hingga penampilan untuk wawancara kerja.

Patut diingat bahwa sepatu formal pria berwarna hitam lebih cepat kehilangan warnanya daripada warna-warna terang. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menyemir koleksi sepatu kulit hitammu agar warnanya tidak cepat pudar.

2. Derby

Sepatu Formal Pria

Image by macsamillion

Dari penampilan luar, sepatu derby sangat mirip dengan sepatu oxford. Yang membedakannya dengan sepatu Oxford adalah bagian talinya lebih terbuka sehingga memungkinkan sepatu formal pria ini muat untuk beberapa jenis/ukuran kaki sekaligus. Selain itu, Derby memiliki plat pada lubang kancingnya, sedangkan Oxford tidak.

3. Monk Strap

Sepatu Formal Pria

Image by leffot

Dari penampilan dasar, sepatu monk strap mirip dengan oxford atau derby. Tapi ada perbedaan jelas yang bisa kamu lihat, yaitu monk strap menggunakan strap lebar sebagai ganti dari tali sepatu.

4. Loafers

Sepatu Formal Pria

Image by mailshop

Loafers adalah sepatu slip-on yang sangat praktis untuk dipakai. Sepatu ini biasanya memiliki strap, besi, atau jumbai yang berfungsi sebagai dekorasi. Namun, ada juga sepatu loafers dengan model polos yang simple sehingga bisa digunakan untuk penampilan formal dan casual sekaligus. Sepatu formal pria model ini biasanya memiliki sedikit hak atau heels sehingga sangat cocok dipakai oleh pria dengan tubuh pendek.

5. Chelsea Boots

Sepatu Formal Pria

Image by numakuraryokan

Chelsea boots adalah sepatu boots slip-on sehingga lebih praktis digunakan dibandingkan sepatu boots biasa. Modelnya memanjang ke atas seperti boots pada umumnya, namun dengan model yang lebih elegan dan rapi sehingga bisa digunakan untuk penampilan formal. Jangan lupa rawat sepatumu agar tidak bau dengan rajin membersihkannya.

6. Dress Boots

Sepatu Formal Pria

Image by footwearpedia

Dress boots adalah sepatu formal dengan model yang hampir sama dengan sepatu oxford atau derby, tapi dengan model yang lebih tinggi. Jika kamu ingin memakai sepatu ini untuk acara resmi, pilih yang berbahan kulit dan berwarna hitam mengkilap agar penampilan kamu lebih rapi dan maskoolin.

7. Chukka boots

Sepatu Formal Pria

Image by linx4

Chukka boots adalah sepatu boots dengan model bagian tali yang pendek dan terbuka sehingga hampir mirip dengan anatomi tali pada sepatu derby. Sepatu formal pria ini dapat digunakan dalam acara resmi maupun casual sekaligus.

8. Opera Pump

Sepatu Formal Pria

Image by footmonkey

Model sepatu formal pria yang satu ini memang tidak banyak diketahui oleh pria. Pada dasarnya, opera pump memiliki bentuk yang mirip dengan sepatu pump wanita, namun memiliki bentuk yang lebih maskoolin. Kamu bisa menggunakan sepatu ini dengan suit modern untuk penampilan yang berbeda.

Sekarang, kamu sudah tau kan kalau sepatu formal pria tidak terbatas pada sepatu Oxford atau Derby saja? Namun perlu Mister ingatkan kembali, tingkat keformalan sepatu pria tergantung pada bahan sepatu serta pilihan warnanya. Misalnya, sepatu oxford yang terbuat dari kulit berwarna hitam sangat cocok untuk acara formal, tapi sepatu dengan model sama dan terbuat dari denim lebih cocok digunakan untuk jalan-jalan atau santai.

Aturannya cuma satu, semakin berkilau dan bersinar sepatu tersebut, semakin formal sepatunya. Jadi, jika kamu punya sepatu yang terbuat dari kanvas, sebaiknya jangan dipakai menggunakan jas dan dasi.

Dari 8 jenis sepatu formal di atas, model mana yang paling kamu sukai?