STYLE BAJU KERJA KREATIF ALA PRIA MILLENNIAL !

March 20, 2017 6:10 pm

Words by Adista Putri

Let’s Talk About Millennial Workwear 

Terutama berlaku untuk generasi Y dan sebagian dari generasi X, Saat kita berbicara tentang ‘outfit kantor’ atau ‘workwear’ yang muncul di kepala kita pertama-tama pastilah kemeja, dasi, jas kantor, celana bahan dan sepatu pantofel kerja. Tetapi jaman sekarang, if you look around offices, kamu akan bisa banyak spot pakaian kantor yang sangat casual seperti denim, sweater, jumper, kemeja bermotif dan sneakers. Apakah formalitas pakaian kerja sudah mulai berganti standard ?

Berdasarkan research untuk menswear di dunia, para pria mulai terlihat spending more money untuk fashion, melihat salah satu contoh case, sekitar 5 tahun yang lalu, total revenue yang di hasilkan oleh industry menswear mencapai sekitar 403.6 billion dollars, dan di lihat dari data marketline di tahun berikutnya, penghasilan menswear bertambah lebih cepat dan konsisten di banding womenswear, bisa di simpulkan bahwa fashion awareness dari market menswear mulai meningkat, dan maka dari itu shopping behavior dari market tersebut mulai terlihat merubah direksinya. Tidak di sangka dari semua perubahan tersebut, banyak faktor lain di kehidupan sehari-hari yang juga ikut berubah, dan bahkan beberapa faktor terlihat perubahanya significantly, contohnya seperti perubahan standard formalwearcasualwear dan workwear.

Let's Talk About Millennial Workwea

Firstbuy 10%

Workwear, atau outfit kantor yang kita kenakanpun makin berubah yang di karenakan dari faktor berubahnya juga waktu kerja,tempat dan tipe dari kerjaan kita, dan ketiga faktor tersebut has changed pretty significantly over last decades. Waktu kerja makin bertambah, banyak orang lebih cenderung berinteraksi melalu email, video call atau voice call dibandingkan bertemu secara fisik. Dengan bantuan teknologi yang makin canggih, berkerjapun menjadi makin mobile yang tidak selalu harus hadir physically di dalam kantor, maka tempat lain seperti café, mall dan bar menjadi pilihan opsi spot kerja yang populer. Millennial atau yang disebut juga dengan generasi Y telah officially di nyatakan sebagai konsumer terbesar so far, thanks to technology, mereka tumbuh di jaman yang di mana semuanya sudah serba mudah dan instan, dan tenaga kerja juga sudah semakin sangat flexible di bandingkan dengan jaman sebelumnya. Dress code pun juga semakin lama semakin berubah, dari yang dulu di sebut ‘business’ outfit telah berubah menjadi ‘business casual’ outfit, yang dengan berjalanya waktu makin cenderung menjadi ‘casual’ outfit. 

Let's Talk About Millennial Workwea

Jaman sekarang pria lebih memilih berbelanja untuk alternatif outfit yang lebih casual di bandingkan dengan formal suits untuk kerja, for so long pria memakai suit dan dasi untuk pergi kerja, dan at one point mereka sadar bahwa seragam tersebut sudah tidak menjadi suatu kewajiban atau standard berpakaian kerja lagi, dan hal ini membuat pria cenderung berbelanja untuk outfit yang lebih santai dan casual. Berdasarkan research yang berbasis dari Euromonitor, penjualan suits kerja mengalami penurunan di angka 4.1% di antara tahun 1999 sampai dengan tahun 2000, dan terus mengalami penurunan di angka 21.2 % di tahun 2000 sampai dengan 2001, dan secara bersamaan penjualan premium denim untuk pria mengalami peningkatan di 0.4 % dan 6.8 % dan terus meningkat di tahun 1999 sampai dengan 2008. Walaupun casual menswear menutupi mayoritas dari total penjualan, ada kenaikan dari grup pria yang cenderung memilih pakaian kerja yang lebih dressy, tetapi yang di maksud dengan ‘dressy‘ disini bukanlah memakai 3 pieces suits formal yang biasa untuk kerja, melainkan mereka lebih memilih untuk mekombinasikan element-element seperti jaket, kemeja dan jeans, para pria di grup ini juga cenderung memakai pakaian yang dressy sebagai gaya sehari-hari mereka.

Let's Talk About Millennial Workwea

Untuk mendapatkan the perfect Millennial work attire, kamu harus sangat teliti dan kreatif dalam mengombinasikan outfit kamu, pemilihan atasan dan bawahan yang terlalu formal akan memberikan kesan yang kaku, dan pemilihan outfit yang terlalu santai bisa membuat kamu terlihat terlalu berantakan dan dekil untuk pergi kerja, kamu juga harus akurat dengan pemilihan warna untuk outfit kamu, karena warna sangat berperan penting dalam look keseluruhan kamu, warna yang tepat bisa membuat outfit casual kamu terlihat mahal dan rapih. Tidak hanya pakaian yang bisa bikin look kamu terlihat keren, tapi kamu juga harus memperhatikan style rambut kamu ! untuk trend style rambut yang oke bisa kamu lihat di Trend Gaya Rambut 2017 Untuk Penampilan Baru Yang Keren, dan untuk grooming facial hair kamu bisa di cek di Model Brewok Yang Tepat Sesuai Dengan Bentuk Wajah. Untuk kamu yang berkerja di start-up atau membangun start-up sendiri, cek juga Inspirasi Baju Kerja Ala Start-Up Office. Berikut Mister sudah menyediakan kombinasi style guide Millennial workwear pria untuk memberikan inspirasi dan membantu kamu untuk menggabungkan outfit kerja kamu dengan benar, kalau kamu bingung dengan baju, aksesoris dan bawahan sesperti apa yang tepat untuk look ini, don’t worry, Mister got all of those covered for you ! kamu bisa cek di Millennial Workwear Collection yang Mister sudah pilihkan untuk kamu, lengkap dengan produk-produk keren dengan pastinya kualitas yang  terjamin.

Look #01

Let's Talk About Millennial Workwea

Di look Pertama ini Mister menggabungkan element-element yang cukup rapi dan formal seperti atasan kemeja putih, sepatu formal dengan style yang classic dan celana chino navy, dan untuk memberikan kesan yang sophisticated dan modern, Mister juga memadukan look tersebut dengan tas clutch unisex dan terbuat dari high quality leather, sentuhan terakhir fokus di topi boater berbahan dasar jerami yang memberikan kesan fun and playful kepada look keseluruhanya.

Cek produk-produk untuk look di atas :

  1. Tops : Koala Authentic Button Down Oxford LS Shirt White
  2. Bottom : Koala Authentic Slim Fit Twill Chino Pants Navy
  3. Shoes : Nappa Milano Blake Ribbon Tan
  4. Clutch : Houseofcuff Clutch Large Brown
  5. Hat : Marks and Tims The Donovan Khaki

 

Look #02

Let's Talk About Millennial Workwea

Untuk look ke dua, Mister memainkan perpaduan antara atasan kemeja lengan pendek navy bermotif prints daun yang unik dengan bawahan celana chino slim fit cut berbahan canvas yang nyaman, dan juga Mister memadukan ke dua element tersebut degan sepatu Slipon yang simple dan casual, memberikan kesan yang rapid and nyaman. Mister menambahkan tas laptop dengan warna yang matching dengan sepatu dari look ini, dan yang cocok untuk outfit kerja yang casual dan santai. The whole look won’t be complete without rambut yang terlihat rapih dan slick dengan pomade waterbased  yang mempunyai tingkat shine dan hold yang tinggi.

Cek produk-produk untuk look di atas :

  1. Tops : Mirnano Printed 01 S/S Shirt Navy
  2. Bottom : TownsTall Yukon Black
  3. Shoes : Dane and Dine Slipon Black
  4. Bag : Liquid Gold Case Bag
  5. Pomade : Barberbros Boris Firm Hold Hitam Biru

 

Look #03

Let's Talk About Millennial Workwea
Walaupun hampir semua element dari look ini terlihat formal, tetapi permainan aksesoris dan warna yang fun membuat keseluruhan dari look terlihat Semi-Casualoutstanding dan playful. Untuk atasan dari look ke 3 ini, Mister menggabungkan kemeja putih dengan Outter Flanel dengan warna yang mewah, untuk bawahanya Mister memilih celana chino Khaki untuk melembutkan overall warna dari look ini, untuk sepatu Mister memilihkan Sneakers casual dengan design yang modern dan berbahan Nappa Leather. The main Star of this particular look adalah topi boater biru yang sangat unik dan terbuat dari jerami dengan qualitas yang terpilih.

Cek produk-produk untuk look di atas : 

  1.  Tops : Koala Authentic Button Down Oxford LS shirt White
  2. Bottom : Minarno Stretch Skinny Chino Pants Khaki
  3. shoes : Gravity Black White Sole
  4. Accessories : Mark and Tims The Dakota Blue

Untuk mendapatkan produk-produk keren di atas, jangan lupa Check Shop The Story nya di bawah ini yaa ! Happy Styling dan jangan lupa berikan pendapat kamu di kolom comment di bawah !