Fashion Advice 6.04.2017

GAYA JEANS PRIA TERBARU DAN PENTINGNYA DENIM DI DALAM WARDROBE PRIA

Adista Putri

April 6, 2017 4:49 pm

Words by Adista Putri

Denim As A Lifestyle and As Men’s Wardrobe Essentials

Sudah bukan rahasia lagi kalau denim adalah salah satu fabric terfavorit bagi semua orang terutama di dalam wardrobe pria, kenapa? tentunya karena denim adalah bahan yang sangat flexible, fashionable, kuat, tahan lama, nyaman dan very easy to work with! Denim adalah komponen yang sangat penting di dalam dunia fashion dan juga in our daily life! Denim telah menjadi pakaian pokok yang di kenakan semua orang. It has been a popular style choice for decades, dan menjadi salah satu trend yang tidak pernah fall out of style. Denim memilik ability untuk beradaptasi dari era lama sampai era baru, dan karena denim memilki fleksibilitas yang sangat tinggi, bisa di pastikan bahwa hampir semua orang dari kalangan muda sampai tua, paling tidak punya dua atau tiga item berbau denim di daily wardrobe mereka. Denim sering terlihat di pakai untuk hampir semua aktifitas, mulai dari kerja, pergi jalan-jalan outdoor, hang out ke mall sampai datang ke acara persemian. Walaupun denim sangat lekat dengan gaya kasual, tetapi terutama untuk di era millennial sekarang ini, denim sudah di jadikan item yang bisa di gabungkan kedalam segala gaya, seperti semi-formal dan formal.

Let's Talk About Millennial Workwea

Warna dan shades denim bisa di kategorikan ke dalam warna netral, setara dengan warna hitam dan putih, karena itu denim sangat gampang untuk di gabungkan dengan item dan warna apa saja. Dengan permainan percampuran warna yang benar, kamu bisa mengubah suatu gaya dari item denim kasual kamu mejadi gaya yang lebih rapih dam formal. Penasaran dari mana awalnya denim ditemukan?  Sebelum Mister membahas lebih dalam tentang styling tips dan produk-produk terbaiknya, Mister akan mengulas sedikit tentang sejarah di temukanya bahan denim dan bagaimana style dan trend ini berkembang dari tahun ke tahunya!

The word¬†“Jeans” datang¬†dari bahan yang di bikin di Eropa, dan nama tersebut di angkat dari nama pelaut yang berasal dari Genoa, Italy, karena saat itu mereka mengenakan baju dengan bahan yang terbuat dari denim. Levi Stauss, adalah seorang pedagang keliling dari Bavaria yang sedang berpindah haluan ke Amerika Utara. Pada sekitar tahun 1958, ia menemukan potensial besar untuk berdagang dan mendapatkan pendapatan lebih di daerah California, pada saat itu sekelompok penambang meminta Levi untuk memberikan mereka celana dengan bahan yang praktis, dan tahan lama. Dari situ, dengan bantuan penjahit, Levi membuat celana kerja yang bahan utamanya terbuat dari canvas yang¬†flexible.

Let's Talk About Millennial Workwea

Di tahun 1860an Levi mulai membuat celana yang terbuat dari¬†heavyweight denim, dan karena celana tersebut di warnai dengan warna indigo, maka terbentuklah nama ”¬†Blue Jeans“. karena celana jeans di anggap sangat kuat,¬†flexible, multi fungsi, tahan lama dan¬†affordable,¬†Levi Jeans menjadi sangat populer di kalangan pekerja-pekerja seperti penggali, penambang, penebang, peternak, petani dan orang-orang yang berkerja di pabrik.¬†Di sebabkan karena tingginya permintaan untuk produk tersebut, dua tahun setelah produk ini¬†go public¬†di¬†society, banyak perusahaan besar seperti The H.D,¬†Lee Mercantile Company¬†and¬†The Western Garment Company¬†ingin ikut berperan dalam market dan penjualanya. Dan sampai sekarang nama Levi Strauss masih sangat besar untuk produk denimnya.

Let's Talk About Millennial Workwea

Pada tahun 1930an¬†cowboys¬†sering memakai produk jeans di layar kaca, dan itu adalah salah satu faktor terbesar yang membuat denim meledak di¬†society, karena semua orang tau seberapa banyak¬†impact¬†dari¬†influence¬†trend¬†dan gaya¬†fashion di layar kaca untuk kehidupan kita sehari-hari, dan di karenakan hal ini, permintaan produk denim sangat meroket. Di tahun 1950an, denim jeans menjadi makin populer, terutama di kalangan anak-anak muda, dan denim menjadi simbol dari “the teenage rebellion” di banyak acara tv dan film layar lebar. Karena influence¬†“Denim Rebellion” sangat besar di jaman itu, banyak sekolah yang melarang murid-muridnya mengenakan jeans ke sekolah.

Let's Talk About Millennial Workwea

di tahun 1960 Р1970an, denim mulai di buat dengan berbagai macam gaya yang sedang naik daun pada tahun itu, seperti jeans dengan embroidery, painted jeans, psychedelic jeans, dan banyak lagi. Denim jeans menjadi bagian besar dalam fashion dan kultur. Pada tahun 1980an, Denim yang tadinya lekat dengan image hard-workwear untuk pekerja seperti penambang dan orang-orang pabrik, semakin lama semakin memperluas radarnya. Brand-brand luxury dan high fashion seperti GUCCI mulai untuk memakai bahan denim di dalam koleksinya, dari situ image denim jeans berubah dari hard-workwear menjadi high fashion, dan dengan keluarnya product-poduct GUCCI , nama denim makin meroket dan populer. Gaya  jeans pun di buat makin bervariasi, seperti skinny jeans, flares, acid washed dan little denim jacket. Denim benar-benar menggemparkan dunia fashion pada jaman itu.

Let's Talk About Millennial Workwea

Nama denim yang marak menjadi sedikit turun di tahun 1990an, yang di karenakan oleh anak-anak muda pada jaman itu merasa bahwa denim adalah bahan yang sangat lekat dengan jaman orang tuanya, dan mereka melabelkanya sebagai trend yang tua dan ketinggalan jaman. Pada saat itu tidak ada anak muda yang ingin terlihat sama dengan gaya¬†yang di kenakan orang tuanya, maka dari itu mereka lebih memilih memakai cargo pants, khakis dan sportwear brands.¬†In contrary¬†dari tahun sebelumnya, di tahun 2000 denim kembali¬†in trend,¬†Jeans were back in fashion!¬†Designer seperti¬†Chanel,Dior,Chloe dan Versace¬†masih melihat potensi besar dari denim dan mulai mencampurkan bahan denim dengan koleksi summer 1999nya. Dari situ Denim mulai membooming¬†kembali, dan¬†demand¬†untuk bahan denim di fashion kembali meningkat. Dari situ sampai sekarang trend denim tidak pernah turun, bahkan banyak brand seperti¬†Diesel,Rock & Republic, 7 For All Mankind, True Religion, Nudie, Paige Premium¬†dan¬†J brand¬†membuat denim line di koleksi tetapnya, bukan hanya itu, banyak juga brand-brand yang di ciptakan purely untuk denim.¬†So it’s safe to say that, Denim won’t be going anywhere anytime soon!

Let's Talk About Millennial Workwea

jaman sekarang banyak designer yang masih terobsesi dengan membuat percobaan untuk menciptakan trend denim terbaru, seperti menambahkan full sequens di bahan denim atau membuat denim dengan gaya straight cut, mereka berlomba-lomba untuk menemukan denim dengan ciri khasnya sendiri, memperlihatkan seberapa besar influens denim di dunia fashion sekarang ini. Gaya denim untuk wardrobe pria juga makin bervariasi dengan gaya jeans pria terbaru, seperti contohnya skinny Fit Jeans, Slim Fit Jeans,S traigh Fit Jeans, Tapered Fit Jeans, Boot Cut Fit Jeans dan Relaxed Fit Jeans. In term of our lifestyle, denim adalah hal yang secara tidak sengaja sudah menjadi mandatory, terutama di wardrobe fashion pria. Denim is casual and formal at the same time, dan bagi pria yang sebagian besar memilih gaya yang simple dan easy-going, denim menjadi pilihan terbaik yang setia menemani untuk segala aktifitas.

Let's Talk About Millennial Workwea

Jaman dulu, kalau dengar kata-kata denim pasti yang pertama kali keluar di kepala kita adalah celana jeans, tetapi¬†thanks to today’s creativity¬†, jeans dan denim tidak di pakai untuk bahan celana jeans saja, barang barang seperti sepatu, topi, tas, kemeja, jaket dan dompet mulai memeriahkan trendnya dengan bahan denim. Berikut Mister telah membuat beberapa¬†recommended¬†brand-brand yang menyediakan product denim jeans yang pastinya sangat¬†curated¬†dan dengan kualitas yang terjamin!¬†Enjoy!

1. BUSHIDO JEANS

Let's Talk About Millennial Workwea

Product list : 

  1. Bushido Nobunaga 001 Blue 
  2. Bushido Ronin 001 Blue 
  3. Bushido Tadakatsu 001 Blue
  4. Bushido Miyamoto 003 Blue

Bushido Jeans adalah pilihan tepat jika kamu ingin go for a very Oriental-Edgy look untuk wardrobe pria, dan selalu menyediakan gaya jeans pria terbaru yang unik. Bushido Jeans Didirikan oleh seseorang yang belum banyak mempunyai experience dalam memakai jeans, dan di mulai dari sebual perjalanan dalam menemukan jeans yang paling nyaman, dan ketika perjalan itu tetap constant, maka jeans yang nayaman pun di buat, dan jeans jeans custome-made seri pertama dari Bushido Jeans di persembahkan untuk keluarga dan kerabat terdekatnya, dan pastinya langsung dapat responses yang sangat baik terhadap material dan kenyamanan dari produk-produk tersebut. Bukan hanya kualitas yang bisa di banggakan dari brand ini, tetapi desain dan stylenya juga sangat on point, dengan influence Japanese Cutting yang sangat iconic untuk brand ini. Produk-produk Bushido Jeans memberikan estetik yang unik dan sangat berbeda dari brand-brand lainya. Mister telah memilihkan 4 items terbaik dari Bushido jeans, 2 di antaranya adalah celana jeans  yang terbuat 100% dari katun kuat dan berdesignkan slim cut jeans  yaitu Bushido Ronin 001 Blue dan Bushido Miyamoto 003 blue. Di luar dari celana jeansnya yang sangat iconic tersebut, bushido Jeans juga sangat excel dengan produk jaket dan atasan denimnya, Mister came across to this wonderful product, yaitu Bushido Nobunaga 001 Blue, denim-styled jaket dengan 4 kantung dan detail patch bendera Jepang yang sangat unik. Untuk atasan denim-styled keren yang Mister pilih adalah Bushido Tadakatsu 001 Blue, kemeja dengan bahan 100% katun yang di desain dengan 2 kombinasi bahan terbaik dan di lengkapi dengan 2 kantung.

2. LYCAN DENIM

Let's Talk About Millennial Workwea

Product list : 

  1. Lycan Direwolf II 15oz Slub Deep Indigo Denim
  2. Lycan Fury 13oz Indigo Slim 
  3. Lycan Rage 15oz Cross Slub Deep Indigo Denim
  4. Lycan Falcata 14oz Ring Slub Indigo Denim Stretch

Pilihan Mister kali ini adalah brand streetwear yang memiliki strong aesthetic di dalam streetwear culture. Lycan Denim berbasis di Jakarta dan mempunyai spesialisasi dalam memproduksi produk raw denim dan produk streetwear yang sangat in trend. Nama Lycan sendiri di ambil dari kata Lycanthrop, dengan pendekatanya yang terinfluence oleh pengetahuan esoteric, simbologi dan masyarakat. Desain dari Lycan Denim sendiri sangat up to date dengan youth culture dan fashion trend sekarang, dan tentunya di lengkapi dengan bahan yang berkualitas dan details yang sangat teliti. Mister sudah memilihkan 4 bawahan denim keren dari brand ini, yaitu Lycan Direwold II Slub Deep Indigo Denim yang di buat dengan menggunakan bahan 15oz slub indigo denim yang sangat eye-catchy, berikutnya adalah Lycan Fury 13oz Indigo Slim, dengan shades yang lebih soft dan playful, di buat dengan bahan raw indigo denim dengan berat 13oz. Pilihan ketiga Mister adalah Lycan Rage 15oz Cross Slub Deep Indigo Denim, yang menjadi perfect match untuk hampir segala outfit, di buat dengan bahan 15oz yang kokoh dengan detail cross slub yang sangat outstanding,  dan finally the last one adalah Lycan Falcata 14oz Slub Indigo Denim Stretch, dengan tone yang slightly washed tetapi tetap terlihat intense, dan terbuat dari bahan 14oz ring slub indigo stretch denim dengan cutting yang super slim.

3. BRODOLet's Talk About Millennial Workwea

Product list : 

  1. Sakka Wallet Blue/Tan
  2. Sakka Wallet Black

Cerita awal mula terbentuknya Brodo start from a simple question di kepala Yukka dan Uta pada tahun 2010, yaitu masalahnya nya mencari the perfect shoes dengan ukuran yang pas, dan dari situ munculah rasa penasaran untuk mencari tahu dan akhirnya membuat produk yang idealis dengan apa yang mereka inginkan. Goal utama bagi Brodo adalalah, tidak hanya memberikan produk local yang pastinya berkualitas untuk wardrobe pria, tetapi juga berinvestasi kepada mimpi, ide dan gagasan, bahwa anak muda indonesia selalu punya solusi yang terbaik dari yang terbaik. Tidak hanya desainya saja yang sangat unik dan outstanding, tetapi Brodo menjamin kualitas untuk setiap produk yang mereka tawarkan, karena merekan menggunakan material terbaik yang sudah curated dan di bikin sebaik mungkin oleh pengrajin terpilih Indonesia. Walaupun Brodo kebanyakan menjual produk yang terbuat dari full-leather untuk wardrobe pria, tapi mereka juga berkreasi dengan permainan percampuran bahan dalam pembuatan produk, seperti yang telah Mister pilihkan di atas yaitu Sakka Wallet Blue/Tan dan Sakka Wallet Black, yang terbuat dari leather dan denim.

Bisa di simpulkan bahwa denim adalah element yang tidak bisa kita pisahkan di dalam daily wardrobe kita, dan dari pertamakali denim keluar sampai sekarang, denim selalu di perebutkan untuk di pakai oleh berbagai macam designer terkenal maupun yang baru merintis. Seberapa banyakah element denim di wardrobe keseharian kamu ? dan apa saja denim pieces favorit kamu ? jangan lupa berikan jawaban kalian dan pendapat kalian tentang history denim ini di bagian kolom comment di bawah ini ya ! dan jangan lupa untuk cek bagian shop the story di bawah ini untuk mendapatkan produk-produk keren di atas.

Untuk koleksi denim lenbih lengkapnya jangan lupa cek¬†Men’s Denim Collection!¬†Happy Denim Day!¬†

BACA JUGA ARTIKEL FASHION ADVICE LAINNYA