7 ATURAN MENGGUNAKAN JAS PRIA

April 7, 2016 9:00 am

Words by Nur Rosita Dewi

Setiap Pria Harus Paham 7 Aturan Menggunakan Jas Pria Ini

Dalam acara formal atau resmi, menggunakan jas merupakan opsi yang paling sering dipilih pria. Namun demikian, Mister yakin masih banyak pria yang bingung bahkan tidak mengetahui aturan menggunakan jas pria yang benar. Untuk mengatasi semua itu, baca dan pelajari 7 aturan menggunakan jas pria di bawah ini agar kamu tidak salah lagi!

1. Gunakan Kaos Dalam Jika Banyak Berkeringat

Aturan Menggunakan Jas Pria
Image by i.ytimg.com

Dalam beberapa kasus, masih banyak pria yang memaksakan diri tidak menggunakan kaos dalam sebagai layer atau dalaman. Padahal jika kamu banyak berkeringat, kaos dalam dapat menyerap keringat dengan baik sehingga jas awet karena tidak perlu sering-sering dicuci.

2. Ujung Celana Harus Jatuh Tepat di Atas Sepatu

Aturan Menggunakan Jas Pria

Usahakan ujung celana jatuh tepat di bagian atas sepatu agar penampilan kamu lebih fashionable! Jangan menggunakan celana yang terlalu panjang karena akan mengurangi estetika dan akan terlihat sedikit aneh. Namun jika kamu menginginkan tampilan casual, kamu bisa memakai celana yang lebih tinggi, bahkan kamu bisa menggulungnya!

3. Panjang dan Warna Dasi

Aturan Menggunakan Jas Pria

Jangan memakai dasi yang panjangnya melebihi pinggang. Pakailah dasi yang panjangnya hanya mencapai pinggang atau malah sedikit lebih pendek. Lebar dasi harus sesuai dengan lebar kerah. Warna dasi yang kamu pakai pun sebaiknya lebih gelap daripada warna kemeja agar detailnya lebih terlihat.

4. Panjang Jas Menutupi Resleting Celana

Aturan Menggunakan Jas Pria

Panjang jas pria yang pas adalah menutupi resleting celana dan bokong. Jangan memakai jas pria yang terlalu panjang ataupun terlalu pendek. Kalau bisa, buatlah jas sendiri sehingga ukurannya pas dengan tubuh kamu. Pastikan bahu kamu cocok dengan setelan jas jika kamu membeli jas pria yang sudah jadi.

5. Jangan Sampai Kaki Terlihat, Bahkan Ketika Duduk

Aturan Menggunakan Jas Pria

Pastikan kaos kaki yang kamu kenakan cukup panjang agar tidak ada bagian kaki yang terlihat ketika kamu duduk. Gunakan kaos kaki dengan panjang yang pas, yaitu sekitar betis ke bawah. Tapi, sekarang banyak ikon fashion yang tidak menggunakan kaos kaki saat menggunakan jas. Jika kamu tidak PD, jangan mencoba hal ini. Pelan-pelan saja, gunakan yang standar dahulu sebelum mencoba gaya baru.

Jangan gunakan sneakers jiika kamu ingin tampil formal, pakailah sepatu resmi dengan warna yang cocok dengan setelan jas atau berwarna sama dengan dasi dan ikat pinggang kamu.

6. Aturan Kancing saat Menggunakan Jas Pria

Aturan Menggunakan Jas Pria
Image by lghttp.33667.nexcesscdn.net

Jika kamu mengenakan rompi, pastikan kancing jas paling bawah (apapun modelnya) terbuka dan tidak dikait. Jika kamu menggunakan jas pria berkancing tiga, kancing paling tengah harus selalu dikaitkan, sedangkan kancing paling atas optional. Agar tidak merusak kerapian jas pria, pastikan semua kancing terbuka ketika kamu duduk.

Selain itu, kancing atas pada jas berkancing dua atau kancing tengah pada jas berkancing tiga, harus jatuh di atas pusar. Setelan jas pria yang berkancing dua dan kerah berlekuk cocok untuk keperluan bisnis formal, sedangkan setelan jas pria berkancing satu cocok untuk penampilan yang lebih santai.

7. Memilih Jas Sesuai Bentuk Tubuh

Aturan Menggunakan Jas Pria

Pilihlah jas dengan double vent dan saku flap untuk kesan badan lebih besar bagi pria kurus. Jangan gunakan jas berkancing satu jika kamu kurus, pakailah jas berkancing tiga atau jas double breasted dengan 6 kancing. Sementara itu, pilihlah jas yang simple dan pas di badan dengan single vent jika tubuh kamu berotot.

Jika kamu bertubuh subur atau gemuk, pilihlah jas single breasted dengan model saku jetted. Jangan memilih jas tanpa vent jika kamu bertubuh gemuk, double vent adalah pilihan yang tepat.

Bagaimana, tidak terlalu sulit bukan aturan menggunakan jas pria yang benar? Yang penting, biasakan diri kamu agar semuanya menjadi mudah. Good luck!