MENGENAL 6 JENIS JAS PRIA

March 21, 2016 9:00 am

Words by Nur Rosita Dewi

Setiap Jas Memiliki Perbedaan Bentuk Dan Fungsi Masing-Masing

Jas pria memiliki banyak jenis dan model yang masing-masing digunakan untuk keperluan berbeda. Supaya kamu nggak memakai jas yang salah untuk satu acara, ketahui dulu 6 jenis jas pria berikut bro!

1. Single Breasted

Jenis Jas Pria

Single breasted suit hanya memiliki satu line kancing. Jenis Jas pria ini memiliki tiga model, yaitu berkancing satu, dua, atau tiga. Yang berkancing satu, biasanya digunakan untuk dinner jackets. Single-breasted jacket bisa digunakan dengan rompi berkancing tanpa lengan dan kerah.

Rompi tersebut biasanya sudah satu paket dengan suit dan memiliki bentuk kerah ‘V’ dan bagian belakangnya terbuat dari sutera. Jenis jas ini lebih disukai oleh banyak orang karena memiliki kesan casual dibandingkan yang double breasted.

2. Double Breasted

Jenis Jas Pria

Double-breasted memiliki dua garis kancing. Jas ini biasanya tidak memerlukan vent dan umumnya memiliki empat sampai enam kancing. Jas double breasted juga dikenal sebagai Italian style suit dan biasanya digunakan oleh pria tinggi untuk tampilan yang elegan.

3. Dinner Suits

Jenis Jas Pria

Dinner suit umumnya memiliki warna hitam dan pas di badan. Cukup pakai dasi kupu-kupu saat mengenakan jas ini.

4. Mandarin Suits

Jenis Jas Pria

Dengan Nehru collar atau band collar, umumnya digunakan dengan gaya mengancingkan seluruh kancingnya. Jas ini memberikan kesan kurus dan tajam sehingga sangat elegan digunakan untuk acara malam hari.

5. Zoot Suits

Jenis Jas Pria

Zoot suit originated berasal dari African Americans. Jas ini memiliki bentuk yang cukup unik bro, dengan  long coats, high waisted, dan big lapels. Kamu harus berpikir dua kali sebelum menggunakan jas model ini, karena tidak semua pria cocok memakainya. Jangan sampai kamu diingat sebagai fashion teroris saking anehnya!

6. Tuxedos

Jenis Jas Pria

Yes, tuxedo adalah jas yang jadi andalan kebanyakan pria di antara jenis suit yang lain. Tuxedo bisa digunakan dalam acara resmi dan formal, seperti pernikahan, party, atau saat red carpet! Jas ini umumnya berwarna hitam dan mempunyai buntut pada bagian belakang dan harus dipadukan dengan kemeja berkerah sayap (wing collar) dan dasi kupu-kupu.

Sudah taukan sekarang jas apa yang harus kamu kenakan untuk setiap acara yang akan kamu datangi? Jangan lupa untuk merawat jasmu ya. Selain itu pastikan ukuran jasmu sesuai dengan bentuk tubuhmu jangan pakai jas yang longgar!