501 DAY : PERAYAAN 146 TAHUN JEANS IKONIK, KOLABORASI LEVI’S DAN DARAHKUBIRU

May 25, 2019 10:06 am

Words by Aditya Mulyawan

70

Kolaborasi antara brand denim legendaris dan komunitas denim terbesar, 501 Day adalah harinya para pecinta denim dan fashion di seluruh dunia!

Ada keseruan yang berbeda di akhir pekan silam. Tepatnya pada 18-19 Mei 2019 di Little League Coffee Jakarta, brand denim legendaris dunia Levi’s berkolaborasi dengan komunitas denim terbesar di Indonesia. Dua denim powerhouse ini menghasilkan rangkaian acara seru bertajuk “501 Day” dalam rangka merayakan hari jadi 501, seri jeans ikonik dari Levi’s yang kini genap berusia 146 tahun. Tak hanya merayakan hari jadi 501, acara ini juga sekaligus merayakan sepak terjang Indonesian Denim Group (INDIGO) yang baru saja merayakan 11 tahun perjalanannya.

Exhibition

Berbagai rangkaian instalasi denim super keren menjadi hal pertama yang menyambut Mister. Mulai dari perjalanan seri jeans Levi’s Vintage Clothing (LVC) dari tahun 1930-an, hingga rangkaian visual yang mengisahkan sejarah Levi’s sejak awal berdiri hingga saat ini. 501 Day pun memamerkan koleksi-koleksi 501 dari para member Darahkubiru dan Ade Habibie, motorist yang juga merupakan denim heads.

Workshop

Tak hanya sekedar pameran saja, 501 Day pun menghadirkan kelas workshop reparasi denim a’la “Sashiko” pada hari pertama, dan pembuatan tote bag berbahan denim di hari kedua acara. Kelas yang telah terisi penuh sejak pertama kali pembukaannya ini dipandu oleh Needleworks Studio, studio apparel asal Semarang yang dikenal dalam mengusung spirit D.I.Y (Do It Yourself).

Crowd

Keseruan pun berlanjut dengan perbincangan hangat antara Country Manager Levi’s Indonesia Samir Khan, Founder Indonesian Denim Group (INDIGO) Panca Novianto, dan Ade Habibie menjelang berbuka puasa. Dalam diskusi ini, mereka membicarakan bagaimana 501 bisa tetap relevan dalam tren denim yang terus berganti setiap harinya. Kualitas denim, serta fleksibilitas desain dan gaya adalah kunci utamanya, membuat 501 dapat digunakan oleh semua orang dan bertahan dari generasi ke generasi.

Talkshow

Rangkaian talkshow setelah break buka puasa pun tak kalah seru. Di hari pertama ada Ahmad Hadiwijaya, founder Oldblue Co. yang berbagi pengetahuannya mengenai detail-detail sejarah Levi’s 501. Kemudian di hari kedua ada Ade Habibie yang menceritakan petualangan dengan motornya, sekaligus pandangannya mengenai elemen personalisasi yang menjadikan jeans 501 unik di matanya. Penampilan ciamik dari band lo-fi pop indie Kurosuke menjadi penutup acara yang seru banget ini.

Instalation

Mister senang sekali bisa mampir ke acara 501 Day ini. Selain bisa ketemu sama sosok-sosok inspirasional yang ada di skena denim dan fashion secara umum, banyak banget inspirasi dan ilmu baru, khususnya soal dunia denim.

Nah, buat kamu yang kemarin ikutan hadir, share pendapatmu mengenai acara 501 Day di kolom komen di bawah ini ya bro!