10 BRAND LOKAL TERBAIK INDONESIA YANG REPUTASINYA MENDUNIA

May 31, 2019 1:31 pm

Words by Aditya Mulyawan

397

Rangkuman 10 brand lokal terbaik Indonesia dengan kualitas dan reputasi berkelas dunia versi Mister!

Jika kita menyoal garis besar preferensi konsumen Indonesia, rasanya banyak yang tenggelam oleh citra brand internasional. Banyak di antara kita yang lebih bangga ketika produk brand-brand internasional tersebut menempel erat pada tubuh kita. Padahal bertahun-tahun lamanya kampanye “cinta produk lokal” terus digaungkan di segala lini.

Tentu saja kampanye tersebut tak hanya sekedar pepesan nasionalisme kosong belaka. Banyak brand lokal yang perlahan, memperbaiki dan meningkatkan kualitasnya di segala sektor. Kita bisa melihat bagaimana perkembangan brand lokal dari segi kualitas produk, servis, dan layanan purna jual yang kian bersinergi di tengah serbuan brand internasional.

Sayangnya tak sedikit dari mereka yang mendapat pujian besar di luar sana, namun ironisnya terasingkan di negeri sendiri. Oleh karena itu, Mister merangkum 10 brand lokal berkualitas yang reputasinya mendunia buat kalian. Siapa aja sih mereka yang sudah membuat nama Indonesia berkibar di mata internasional? Yuk simak artikel di bawah ini.

1. Oldblue Co.

Oldblue Co.

Brand yang telah berpetualang selama hampir satu dekade ini lahir di tangan Ahmad Hadiwijaya dan sahabatnya Randy Wilmar. Menjawab jenuhnya pasar brand lokal yang didominasi konsep-konsep kontemporer, Oldblue Co. menghadirkan lini-lini produk jeans klasik yang berkiblat langsung ke akarnya.

Konsep vintage americana yang dihadirkan pun tak sekedar gimmick belaka. Mereka menghadirkan visi untuk menciptakan rangkaian produk workwear yang mengedepankan kualitas terbaik, layaknya ketika jeans dan produk-produk workwear sejenis diciptakan. Asal kalian tahu, transisi antara abad 19 dan 20 adalah era dimana produk-produk workwear berkualitas terbaik diciptakan bro!

Komitmen mereka akan kualitas ini memang tidak main-main. Mulai dari fabric, komponen pendukung, hingga alat dan metode produksi pun merupakan yang terbaik di kelasnya. Oldblue Co. menjadi salah satu pionir brand lokal yang menghadirkan fabric berkelas internasional seperti Cone Mills dan Japan Collect yang terkenal akan kualitasnya.

Elemen-elemen kualitas yang terpelihara dengan baik selama bertahun-tahun ini pun terbukti memberikan buah manis untuk perjalanan mereka. Meski mendapat resistensi di awal perjalanannya karena benturan harga, Oldblue Co. berhasil mencapai level tertinggi dalam skena denim dan workwear di Indonesia dan di mata internasional.

Selain berhasil menembus Agenda Show dan Finder’s Fair di Negeri Paman Sam, mereka pun telah memiliki retailer di berbagai benua. Kamu bisa cek koleksi-koleksi terbaru Oldblue Co. di website Mister ya bro!

2. Monstore

Monstore

Brand ini merupakan lini streetwear lokal yang menghadirkan konsep wearable art pada produk-produknya. Lahir satu dekade silam di tangan Agatha Carolina, Michael Chrisyanto, dan Nicholas Yudha, mereka dipertemukan oleh satu kesamaan minat terhadap seni. Dengan modal terbatas mereka memutuskan untuk memproduksi t-shirt dengan reka visual grafis ciamik penuh makna.

Seiring perjalanan waktu mereka pun mengembangkan lini-lini produknya dengan menghadirkan berbagai bentuk apparel dan aksesoris. Monstore mencoba untuk menuangkan kreasi dan orisinalitas dalam rangkaian produk streetwear berkualitas. Visi mereka untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap dunia seni diwujudkan dalam dukungan terhadap senimal lokal dan internasional.

Kolaborasi nyatanya menjadi kunci Monstore untuk melebarkan sayapnya. Tercatat mereka pernah sukses berkolaborasi dengan The Walt Disney Company. Menghasilkan rangkaian produk apparel bertajuk “The Project Style” yang menghadirkan berbagai desain karakter Marvel yang ternama. Belum lama ini pun mereka berhasil menembus pameran Agenda Show yang didukung oleh Bekraf dan meraup sukses disanah.

Monstore sukses bertahan selama satu dekade ditengah gempuran arus persaingan brand lokal dan internasional. Atas capaian mereka baik di dalam dan luar negeri, tentunya mereka pantas untuk Mister nobatkan sebagai salah satu brand lokal terbaik di Indonesia. Jangan lewatkan juga koleksi-koleksi terbaru Monstore di website Mister ya bro!

3. Potmeetspop

Potmeetspop

Kala produk-produk denim kontemporer seperti Nudie Jeans, Cheap Monday, dan Ksubi merekah satu dekade silam, muncul sebuah nama baru di Kota Kembang. Hendry Sasmitapura menancapkan bendera bernama Potmeetspop (PMP) dalam kancah denim lokal yang saat itu sedang berkembang pesat.

Perlahan tapi pasti, PMP mengembangkan sayapnya, bereksplorasi dengan menambah lini garmen selain produk-produk denim. PMP melesat cepat dengan konsep kontemporer yang berpadu erat dengan dunia musik dan seni. Tercatat beberapa bulan silam brand ini berkolaborasi dengan Barakatak, grup musik elektronik legendaris Bandung yang baru saja bangkit dari hiatusnya selama 20 tahun.

PMP yang keluar dari zona nyamannya menjadi titik awal pencapaian besarnya. Setelah partisipasinya di pameran Agenda Show di Amerika Serikat, brand ini pun memastikan satu tempat di Urban Outfitters, salah satu retailer internasional besar yang berbasis di Negeri Paman Sam.

Brand ini berhasil berevolusi menjadi salah satu brand streetwear yang disegani di Indonesia dan di luar negeri. Tak heran jika PMP menempati salah satu posisi brand lokal terbaik dalam daftar Mister kali ini.

4. Elhaus

Elhaus

Brand yang digawangi oleh Eduardus Adityo dan Raven Navaro ini mengawali kisahnya dengan menghadirkan produk-produk denim dan apparel utilitarian berkualitas. Lini-lini produknya berfokus pada rangkaian menswear berkualitas dengan estetika modern, tanpa mengesampingkan nilai-nilai tradisional yang melekat di dalamnya.

Perlahan brand ini berkembang, menghadirkan konsep yang jauh lebih fresh lewat lini apparel dengan desain ciamik sekaligus fungsional. Detail-detail menawan yang melibatkan teknik-teknik tradisional pun menjadi twist dalam seluruh rangkaian produknya. Transformasi yang mereka lakukan ini pun tak melupakan lini denim sebagai batu pijakan mereka untuk melesat terbang.

Kualitas dan keunikan desain yang ditawarkan, serta konsistensi mereka untuk terus berkembang pun membuahkan hasil. Tak terhitung berapa kali koleksi-koleksi mereka mendapat sorotan dari media internasional seperti Hypebeast dan Highsnobiety. Lebih jauh lagi, mereka pun mendapat kehormatan untuk menjadi salah satu brand yang mewakili Indonesia di pameran Agenda Show di Amerika Serikat.

Brand ini kian menguatkan reputasinya dengan hadir di berbagai retailer internasional, salah satunya Urban Outfitters. Konsistensi dalam mempertahankan kualitas serta menghadirkan desain yang fresh adalah kunci Elhaus untuk menjadi salah satu brand lokal terbaik saat ini.

5. Voyej

Voyej

Kala industri denim lokal bermekaran seiring tren workwear yang berkembang pesat di awal 2010-an, hadir sebuah kekosongan yang menjadi kesempatan besar. Kesempatan tersebut tak dilewatkan oleh Lucas, Aradea, Ivan, Yossi, dan Andika dengan mendirikan Voyej. Brand yang fokus pada aksesoris berbahan kulit ini disambut antusiasme yang besar oleh para denim heads kala itu.

Antusiasme tersebut tentunya bukan tanpa alasan. Selain menghadirkan produk berkualitas dengan desain yang segar, aksesoris berbahan kulit ini merupakan produk komplemen yang mengiringi tren denim dan workwear yang bermekaran kala itu. Hanya berawal dari tugas akhir kuliah, konsistensi dalam menjaga kualitas berhasil menumbuhkan Voyej menjadi salah satu brand aksesoris berbahan kulit yang disegani di Indonesia.

Selain konsistensinya dalam menjaga kualitas dan mengembangkan lini-lini produknya, Voyej juga menjadi salah satu pionir dalam tren patina. Tren ini mengapresiasi produk berbasis kulit natural yang perlahan kian indah seiring berjalannya waktu. Mereka pun berhasil meraih perhatian dengan rangkaian kampanye seperti Voyej World Tour yang melibatkan para konsumennya secara aktif.

Di tengah arus persaingan sektor aksesoris berbahan kulit yang kian deras, Voyej bertahan lewat komitmennya terhadap kualitas produk dan servisnya. Tak heran jika mereka berhasil menancapkan benderanya di berbagai kota besar di Indonesia, bahkan mancanegara. Kamu bisa buktikan sendiri dengan cek koleksi-koleksi Voyej di website Mister ya!

6. ORBITGear

ORBITGear

Berbicara soal brand lokal, tentunya tak terhenti pada ranah apparel dan aksesoris saja. Sektor carry goods yang lekat dengan hal-hal teknikal dan fungsional pun Indonesia punya jagoannya. Brand yang menjadi pilihan Mister untuk kategori ini adalah ORBITGear. Meski belum lama berdiri, akan tetapi orang-orang di belakangnya telah berada di industri ini sejak 2008 silam. Tak heran jika kualitas dan desain produk yang dihasilkan menjadi salah satu yang terbaik di kelasnya.

ORBITGear digawangi oleh trio Yostria, Billy, dan Carlos yang menghadirkan konsep techwear dengan produk carry goods sebagai garda terdepannya. Konsep modularity serta kualitas bahan dan komponen pendukung terbaik menjadi ciri khas yang ditawarkan oleh brand ini. Meski tren techwear belum begitu populer disini, ORBITGear mendapat sambutan yang luar biasa di antara komunitas internasional.

Tak hanya konsistensi dalam menghadirkan produk yang berkualitas dan inovatif, ORBITGear juga membawa misi untuk meningkatkan standar industri brand lokal ke level yang lebih tinggi. Brand yang bercita-cita untuk meraih sertifikasi B-Corp ini menggaungkan spirit fair labor agar kualitas industri lokal kian berkualitas dan dipandang positif oleh komunitas internasional.

Kerja keras dan spirit positif mereka sejauh ini membuahkan hasil manis. Terbukti produk-produknya tak pernah bertahan lama dalam “rak penyimpanan” mereka karena selalu ludes terjual dalam waktu singkat, dengan mayoritas penjualan ke luar negeri.

7. Bluesville

Bluesville

Kalian yang mengikuti sepak terjang brand lokal tentunya familiar dengan brand ini. Bluesville menghadirkan pesona natural indigo dan batik tangan dalam bentuk menswear kontemporer yang ciamik sejak 2011 silam. Brand yang digawangi oleh Direz, Osi, dan Congki ini menjadi salah satu pionir yang mempopulerkan teknik-teknik tradisional asli nusantara dalam sentuhan modern, sehingga dapat diterima dengan baik oleh para kawula muda saat itu.

Brand ini berhasil mengubah citra batik yang seringkali diasosiasikan dengan sesuatu yang kaku dan formal, menjadi lebih cair dan relevan untuk generasi muda. Kandungan nilai historis dalam citra “biru” yang didapuk menjadi ciri khas pun kian melekatkan brand ini pada benak fashion aficionado Indonesia, menguatkan posisi Bluesville dalam jajaran elit brand lokal terbaik.

Tak berhenti pada rangkaian produk apparel artisanal saja, mereka mengembangkan sayapnya dengan menghadirkan lini-lini produk yang lebih kasual. Hal ini dilakukan tanpa mengesampingkan kualitas yang selalu menjadi komitmen mereka dari waktu ke waktu. Tentunya strategi ini berhasil membuat Bluesville dapat merangkul lebih banyak konsumen, bahkan hingga ke ranah mancanegara.

Komitmen mereka dalam menjaga nilai-nilai tradisional dan kualitas terbaik membuat mereka berada di posisinya saat ini. Capaian mereka sejauh ini tentunya patut kita apresiasi. Dukung mereka dengan cek langsung koleksi produk Bluesville di website Mister ya!

8. Sagara Bootmaker

Sagara Bootmaker

Jika kita berdiskusi tentang industri sepatu independen lokal, Sagara Bootmaker adalah juaranya. Berawal dari segala keterbatasan modal dan fasilitas, brand yang digawangi Bagus Satrio sejak 2010 ini perlahan merangkak menjadi yang terdepan. Komitmen dan obsesinya terhadap kualitas mengantarkan mereka pada posisinya hari ini.

Sagara Bootmaker dikenal lewat rangkaian produk sepatu kulit berkualitas tinggi yang terinspirasi dari desain vintage americana awal abad 20-an. Tak hanya bermodalkan desain saja, mereka pun mengaplikasikan teknik pembuatan sepatu goodyear-welt yang dikenal sebagai metode pembuatan sepatu terbaik selama berabad-abad lamanya.

Meski popularitasnya perlahan tergerus oleh teknologi modern, kualitas sepatu goodyear-welt ini tak terpatahkan oleh waktu. Sagara Bootmaker menjadi salah satu pionir yang menanamkan tren sepatu klasik ini dalam skena brand lokal. Perlahan, komitmen dan idealismenya terhadap kualitas mendapat perhatian dari luar sana.

Mereka membuktikan tajinya dengan rangkaian trunk show di Singapura selama dua tahun berturut-turut yang spot reservasinya selalu terjual habis. Belum lagi puluhan konsumen lokal dan internasional yang rela antri berbulan-bulan untuk mendapatkan sepatu berkualitas dari Sagara Bootmaker. Memastikan mereka menjadi salah satu brand lokal terbaik pilihan Mister!

9. NBDN

NBDN

Skena industri denim lokal yang seiring waktu kian menjamur, membuat brand perlu memutar otak untuk terus bertahan. Menghadirkan inovasi dan ciri khas seakan menjadi hal yang wajib untuk memberikan kesan. NBDN adalah salah satu brand yang berhasil menciptakan identitas, bertahan dan berkembang pesat seiring waktu berjalan.

Meski di awal kisahnya mereka terus berganti wajah, akhirnya NBDN memastikan identitasnya sebagai brand jeans yang secara konsisten menggunakan patch “Sashiko”. Brand asal Bandung yang digawangi oleh Aryan dan Hamzah terus berinovasi dan menghadirkan produk-produk jeans dengan fabric dan detail unik.

Didukung dengan konsistensinya dalam menjaga kualitas, perlahan denim heads internasional pun mencium eksistensi NBDN. Sedikit demi sedikit pesanan dari luar negeri bermekaran. Puncaknya adalah kolaborasi mereka dengan “Swissjeansfreak” salah satu denim head legendaris asal Swiss. Nama mereka kian meroket lewat partisipasinya pada Amsterdam Denim Days di Belanda dan Inazuma Festival di Jepang.

Mengawali kisahnya dari mimpi, didorong oleh kerja keras dan komitmen akan kualitas. NBDN hari ini adalah brand lokal yang pantas untuk bersanding di antara nama-nama besar industri independen lokal kita.

10. Studio Moral

Studio Moral

Tak melulu soal brand yang berfokus pada kategori menswear, Mister juga menghadirkan salah satu brand lokal unisex dengan prestasi yang tak kalah mentereng. Studio Moral mungkin belum lama berkiprah di skena fashion lokal, akan tetapi raihan prestasinya hingga hari ini sangat membanggakan nama Indonesia bro!

Brand yang digawangi oleh Andandika Suratseja ini menghadirkan konsep streetstyle yang bold dan edge dalam rangkaian apparel unisex. Padu padan koleksi yang mencerahkan, melebur sempurna dalam warna-warna vibran yang menggelora. Menghasilkan gaya yang berbeda sekaligus berkelas.

Usia seumur jagung tak menjadi hambatan Studio Moral untuk mendapat rentetan penghargaan. Mulai dari penghargaan sebagai brand paling inovatif dalam “New Fashion Force Award” di rangkaian Jakarta Fashion Week 2018. Hingga menyabet posisi kedua dalam ajang Asia NewGen Fashion Award di Singapura. Belum lama ini mereka juga berpartisipasi di Harbin Fashion 2019 di Tiongkok.

Mengharumkan nama Indonesia di mata dunia adalah sebuah prestasi yang tak mudah di raih. Oleh karena itu, belum lama berkancah, raihan Studio Moral saat ini dalam perjalanan panjangnya tentunya patut untuk kita apresiasi dan layak untuk menyandang label brand lokal terbaik Indonesia saat ini.

Gimana menurut kalian tentang daftar 10 brand lokal terbaik Indonesia yang reputasinya mendunia versi Mister? Kalau kalian tau brand lokal favorit yang berkualitas dan pantas bersanding di daftar ini, share di komen ya bro!